Jumat, 04 Mei 2012

eng...ing..eeenngg...

eng ing eeengg...

kalimat itu acap kali disebutkan oleh akun anonim yang saat ini sedang ramai dibicarakan orang yaitu @triomacan2000. dia selalu mengatakan itu setiap kali akan mentwitkan sebuah kasus korupsi. ya akun itu sangat getol membeberkan sejumlah kasus-kasus korupsi di negeri ini.

hmmm..

hampir sebulan lamanya saya tidak menulis di blog ini. awalnya saya menduga blogku dihack orang. tapi setelah melakukan 'investigasi' ternyata blogspot diblokir oleh server dikantor. ya walaupun tak semahir Roy Suryo dalam telematika, tapi kalau sekedar utak utik dikit, bisa laah.. hehe

untuk tema kali ini sengaja akan saya tuliskan sebuah pandangan umum saja tentang moralitas dan cara pandang orang terhadap orang lain dalam sebuah komunitas sosial.

dulu, orang tua saya selalu mewanti-wanti agar saya tidak 'adigang adigung adiguna' terhadap orang lain. apa itu adigang adigung adiguna..? penjelasan singkatnya sih sikap mental yang suka semena-mena terhadap orang lain.. orang tua saya selalu mengingatkan, bahwa tidak ada yang tahu nasib seseorang dikemudian hari.

contoh kecil bahwa ucapan orang tua saya itu benar.

tetangga saya ada yang (kebetulan) anaknya menjadi pegawai di dirjen pajak. yang namanya pegawai pajak, gaya hidup glamour plus segala kemewahan ia miliki. tentu saja ini membuat iri beberapa tetangga yang lain.

hanya saja, ia tak sadar bahwa Tuhan sedang mengujinya (tepatnya sang anak) dengan kemewahan dan harta yang berlimpah. ia bersikap semena-mena terhadap orang lain. angkuh dan sombong sekali. hampir tiap bulan ia beli mobil hyper mewah. padahal didepan rumahnya tepat, adalah rumah tukang becak yang hidupnya serba kekurangan.

setiap kali lewat didepan kerumunan orang dia tak pernah menyapa, bahkan kadang meludah seenaknya.

suatu ketika pernah dia berkata dengan nada mengejek pada seorang pemuda pengangguran..

"masih nganggur mas? kamu kan seusia anak saya? anak saya saja sudah gonta ganti mobil kok kamu kerja saja belum?" katanya

astaghfirullah..

memang sih, pemuda itu dari dulu ugal-ugalan dan tak pernah sekolah. tapi itu bukan sebuah alasan untuk siapapun merendahkannya. dia juga manusia yang punya hati. dan hati bisa sakit bila dizhalimi. dan doa orang yang dizhalimi itu sangat didengar oleh Tuhan.

benar saja..

2 minggu yang lalu tersiar kabar di Radar Bromo (Jawa Pos Grup) yang memberitakan bahwa anak tetangga saya yang semena-mena itu dikeler pihak kejaksaan karena tersangkut masalah korupsi pajak puluhan milyar. ia terseret setelah namanya disebut ikut berperan dalam korupsi pajak yang dilakukan oleh Dhana Widyatmika..

apa yang terjadi kemudian?

sampai sekarang sama sekali tak pernah terlihat muncul. jangankan terlihat batang hidungnya, air ludah yang ia biasa keluarkan didekat kerumunan orang telah bersih ia jilat kembali. sampai aspalnya kinclong..hehehe

nah..

itulah teman..

saya hanya mengingatkan, jangan adigang adigung adiguna terhadap orang lain sebab tak seorang pun yang tahu masa depan. bersikaplah yang wajar terhadap siapapun. terlepas keburukan yang telah orang lain lakukan, itu adalah wilayah Tuhan untuk menghukum, bukan kita manusia.

saat satu jarimu menunjuk orang lain dengan dengki, maka ingatlah bahwa keempat jarimu yang lain mengarah padamu.

jangan sampai karena kesombongan dan keangkuhanmu yang tanpa sadar ataupun secara sadar telah mendzalimi orang, lalu orang tersebut berdoa pada Tuhan agar kamu tersungkur. saat Tuhan mengabulkan, maka namamu akan disebut oleh akun @triomacan2000 dengan #kode khasnya:

"eng ing eeeennnggg..."

tamatlah riwayatmu...


hehehehe...

sekian.

5 komentar:

  1. eng ing eng....... hmmmm ngeri juga kalau sampai akan disebut... hehe

    BalasHapus
  2. Ngeri-ngeri sedap... tapi yang punya istilah ini bersih ngga ya?

    BalasHapus
  3. Kutukan Adigang adigung adiguna jg berlaku bg org yg menyuarakan kesadaran anti korupsi seperti triomacan2000 ?

    BalasHapus
  4. Bert..robert.ternyata yu teman lamaku.salut deh ,terus nulis ya

    BalasHapus
  5. btw trio macan ni sbenarnya sapa mas?ap dy org parpol?

    BalasHapus